Ilmu PolitikPengetahuan

Pengertian Dari Ilmu Politik

Pengertian Dari Ilmu Politik – Kalian tentu pernah mendengar kata dari ilmu politik, namun apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar kata tersebut? Mungkin sebagian besar dari kita langsung memikirkan suatu hal seperti sistem pemerintahan yang ada pada suatu negara. Pada dasarnya politik memang banyak mengacu pada suatu sistem pemerintahan, namun politik juga banyak terjadi di lingkungan sekitar kita. Bahkan tanpa kita sadari pun kita juga sering kali bertindak selayaknya kata politik tersebut.

Bagi kalian yang ingin memahami tentang ilmu politik lebih jauh lagi, untuk itu kita akan merangkum dan mendeskripsikan pengertian dan berbagai contoh serta konsep dasar yang ada pada ilmu politik melalui penulisan artikel kali ini. Mari simak bersama-sama.

Pengertian Dari Ilmu Politik

Pengertian Politik

Sebelum kita mengenal lebih jauh, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa yang di maksud dengan politik tersebut. Secara umum, politik merupakan suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lainnya berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam suatu negara. Pengertian tersebut merupakan suatu upaya penggabungan antara definisi yang berbeda tentang hakikat jabatan politik yang ada di dalam Undang-undangĀ  Republik Indonesia Interaksi Elektronik pada undang-undang Elektronik ilmu politik.

Adapun pengertian ilmu politik secara etimologi yang mana kata politik tersebut berasal dari bahasa Yunani Polis yang berarti kota. Pada umumnya juga kata politik memiliki kaitan yang sangat erat dengan kalimat politis yang merujuk pada kegiatan politik. Sedangkan pengertian politik secara terminologi adalah ilmu yang mempelajari politik, kegiatan politik, dan berbagai hal yang melingkupinya.

Contoh Ilmu Politik

Berikut yang merupakan contoh dari perilaku ilmu politik yang terjadi di sekitar kita.

1. Di Lingkungan Sekolah

  • Mengikuti forum diskusi serta musyawarah yang ada di lingkungan sekolah
  • Berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan pengurus kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan OSIS
  • Mengikutsertakan diri dalam penyusunan anggaran dasar dan kepengurusan OSIS serta berbagai organisasi yang ada di sekolah.

2. Di Lingkungan Masyarakat

  • Berpartisipasi dalam pembuatan aturan dalam keorganisasian masyarakat, baik RT maupun RW
  • Memberikan suara dalam kegiatan pemilihan umum ketua RT, RW, dan berbagai organisasi lainnya yang ada di lingkungan sekitar
  • Ikut serta dalam forum warga.

3. Di Lingkungan Negara

  • Menyampaikan aspirasi dan kritik secara tertib bagi pemerintahan
  • Ikut serta dalam pengisian suara jika di lakukan Pemilu.

Ruang Lingkup Ilmu Politik

Dalam ilmu politik juga terdapat berbagai ruang lingkup yang perlu diketahui. Pada dasarnya ruang lingkup ilmu politik terbagi atas lima sub-disiplin ilmu , seperti halnya teori politik, administrasi publik, politik komparatif, hubungan internasional, serta hukum publik. Adapun hubungan antar politik dan negara dalam ruang lingkupnya mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan pemerintahan, kekuasaan, proses memerintah, bentuk organisasi pemerintahan, lembaga dan institusi, serta tujuan negara dan pemerintahannya.

Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi ilmu politik yang telah di kemukakan oleh beberapa orang ahli, antara lain sebagai berikut.

1. Carl J. Friedrich

Menurut Friedrich, ilmu politik banyak menyoroti kehadiran berbagai partai sebagai komponen dalam suatu sistem. Adapun partai politik merupakan organisasi yang stabil dengan tujuan merebut ataupun mempertahankan kekuasaan.

2. Joyce Mittchel

Menurut Mittchel, politik merupakan pengambilan keputusan atau pembuatan kebijaksanaan umum bagi masyarakat. Hal tersebut juga di sertai dengan peran dari seluruh masyarakat yang terlibat dan terdampak politik.

3. Roger F. Soltau

Menurut Soltau, ilmu politik ialah ilmu yang mempelajari suatu negara, tujuan dari negara, dan lembaga yang melaksanakan tujuan itu. Ilmu politik juga di artikan sebagai hubungan suatu negara dengan warga negaranya dan negara-negara yang lainnya.

4. Kartini Kartono

Menurut Kartono, politik dapat di artikan sebagai suatu perilaku maupun proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan berbagai peraturan dan keputusan yang sah berlaku di tengah masyarakat.

Ilmu Politik Kerja Apa?

Ada berbagai prospek kerja bagi mereka yang mendalami ilmu politik seperti berikut.

  • Sebagai Dosen maupun tenaga pengajar
  • Sebagai Jurnalis Politik
  • Menjadi seorang aktivis organisasi masyarakat
  • SebagaiĀ Government Relation
  • Sebagai Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Menjadi seorang anggota dari Lembaga Legislatif
  • Menjabat dalam sistem pemerintahan
  • Sebagai peneliti ataupun konsultan politik

Pengertian Ilmu Politik Beserta Konsep Dasarnya

5 Konsep Dasar Ilmu Politik

Dalam ilmu politik terdapat beberapa konsep dasar yang di bahas seperti berikut.

1. Negara

Menurut para ahli yang mengungkapkan bahwa ilmu politik merupakan negara dengan pusat kajian pada berbagai lembaga kenegaraan dan bentuk formalnya.

2. Kekuasaan

Adapun inti dari ilmu politik ialah kekuasaan yang memperebutkan dan mempertahankan kekuasaan.

3. Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan juga merupakan salah satu konsep dasar dari ilmu politik yang mana pengambilan keputusan sering kali merujuk pada proses yang terjadi hingga keputusan itu tercapai.

4. Kebijakan Umum

Kebijakan umum sering kali merujuk pada tujuan bersama yang akan di capai melalui usaha bersama dan berbagai rencana yang mengikat dan di tuangkan dalam bentuk kebijakan oleh pihak yang berwenang atau ataupun pemerintahan.

5. Pembagian Atau Alokasi

Konsep ilmu politik berupa pembagian atau alokasi juga sangat berkaitan dengan pembagian pengalokasian nilai-nilai secara mengikat.

Tujuan Dari Ilmu Politik

Adapun tujuan ilmu politik yang perlu diketahui sebagai berikut.

  • Pengelolaan wacana, lembaga dan pelaksanaannya untuk kehidupan manusia
  • Melindungi hak dan juga memastikan kewajiban penyelenggaraan serta warga negara terlaksana dengan baik
  • Menerapkan kekuasaan sesuai aturan hukum
  • Mengusahakan kekuasaan hingga demokrasi dapat di jalankan.

Manfaat Dari Ilmu Politik

Terdapat pula berbagai manfaat yang ada pada ilmu politik yang perlu diketahui yakni sebagai berikut.

1. Mengerti Apa Itu Ilmu Politik

Seperti yang diketahui bahwa ilmu politik merupakan suatu cabang ilmu yang sangat berkaitan pada sistem pemerintahan secara mendasar dan berbagai aspek kehidupan. Adapun manfaat yang ilmu politik bagi setiap orang yang memang tertarik dengan politik dan memang berguna bagi kehidupannya.

2. Berkaitan Sistem Pemerintahan

Adapun sistem pemerintahan yang merupakan dasar dari suatu negara untuk menjalankan sistem yang diterapkannya pada rakyat. Sistem pemerintahan juga sangat berkaitan dengan sistem pemerintah yang menjalankan suatu sistem bagi kesejahteraan rakyat.

3. Pandai Bernegosiasi

Ilmu politik juga bermanfaat dalam kemampuan diri kita untuk melakukan negosiasi. Seperti yang kita ketahui bahwa negosiasi merupakan suatu hal yang sangat di perlukan untuk memberikan penawaran yang menarik di banding yang lain. Tak hanya itu saja, ilmu politik juga mengajarkan bagaimana cara untuk berempati bagi masyarakat tanpa membeda-bedakan.

Demikianlah artikel ini di buat berdasarkan pengertian dari ilmu politik, baik secara umum dan menurut para ahli yang juga mengutarakan apa itu politik menurut pandangan mereka. Dengan adanya artikel ini, kita juga dapat mengenal lebih jauh tentang ilmu politik, seperti halnya pada konsep dasar yang di miliki, serta manfaat dan tujuan dari ilmu politik tersebut.